User Icon  22 USER SEDANG ONLINE

HOME        JUAL        DIREKTORI        ARTIKEL         VIDEO         GALERI         ACARA & LOMBA         DISKUSI         CHAMPION         KONTAK JODOH   

Anda dapat berpartisipasi untuk mengisi artikel Kucing di Kucingmania.com. Kirim data dan gambar JPG, untuk hasil yang baik gunakan resolusi 72 dpi dan lebar gambar 500 pixel, untuk mengirim data Anda di haruskan login terlebih dahulu atau daftar member Di sini! bila belum menjadi member Kucingmania.com.

Paracetamol Berbahaya Bagi Kucing

Kucing sangat rawan terkena keracunan obat-obatan, seperti acetaminophen/parasetamol, obat anti radang atau penurun panas. Bahkan dalam dosis rendah sekalipun! Banyak merk obat-obatan manusia yang mengandung parasetamol/acetaminophen, terutama jenis obat-obatan penurun panas. Seperti, bodrex, tempra, biogesic, panadol, sanmol, paracetamol, poldan, dll. Jangan pernah berikan obat-obatan tersebut pada kucing. Keracunan obat bisa menyebabkan kematian kucing.

Enzim glukuronil transferase. Sebagian besar enzim yang bertugas memecah obat-obatan terdapat di hati atau liver. Salah satu enzim bernama glukuronil transferase bertugas menempelkan molekul glukuronid pada molekul obat dan membuatnya tidak aktif sehingga dapat dibuang melalui ginjal lewat air kencing. Dan kucing adalah salah satu spesies dengan jumlah enzim glukuronil transferase yang sangat sedikit. Oleh karena itu obat-obatan yang menggunakan enzim tersebut, tidak dapat dibuang dengan sempurna melalui ginjal. Obat-obatan tersebut cenderung tetap aktif, terakumulasi dalam aliran darah dan menyebabkan kerusakan organ.

Methemoglobinemia. Pada dosis berlebihan, parasetamol dapat menyebabkan kerusakan dan kematian sel-sel hati pada anjing. Sedangkan pada kucing menyebabkan gangguan metabolisme hemoglobin yang sering disebut methemoglobinemia. Methemoglobin adalah bentuk hemoglobin yang tidak dapat mengikat dan mentranspor oksigen. Methemoglobin yang berlebihan dalam darah mengakibatkan darah kucing tidak dapat mengangkut oksigen, tubuh kucing jadi kekurangan oksigen, jantung berdetak dengan cepat, nafas terengah-engah, dan selaput lendir mulai berwarna coklat tua. Lebih lanjut dapat menyebabkan kematian.

Tanda kucing keracunan Paracetamol, biasa muncul 1-4 hari setelah pemberian: Air liur menetes berlebihan (hipersalivasi), sakit perut,  selaput lendir berwarna coklat-abu, nafas terengah-engah, bengkak (di wajah, leher dan kaki), suhu badan rendah, langkah kaki tidak terkoordinasi, urin berwarna coklat tua, muntah, depresi, badan berwarna kuning.

Pengobatan. Pemberian oksigen, infus dan obat-obatan seperti asetilsistein dan vitamin C. Sebagai tambahan bisa diberikan asam amino Cysteine. Asam amino ini diperlukan agar hati dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.


Sumber : dari berbagai sumber 
Dilihat 2429 Kali  
 
Send To Friend
Nama Pengirim
:
*
Email Pengirim
:
*
Nama Penerima
:
*
Email Penerima
:
*
Pesan :
 

 
Komentar Anda
Nama
:
*
Email
:
*
Website
:
Negara
:

Komentar :
 

 
Komentar (0)
Halaman : |

Belum Ada Komentar!



  Jual Kucing

gembul
Rp 1.500.000
bekasi

  Video Kucing
Funny Cats
Funny Cats
silucu
Time : 7:50

  Galeri Kucing
Rumah Hangat Untuk Kucing
Rumah Hangat Untuk Kucing
kaka
Jakarta Selatan